Betawi bukan hanya sekedar tentang cerita superhero Si Pitung, orang-orangnya juga dikenal sebagai peracik makanan tradisional yang kaya akan cita rasa khas Indonesia. Jajanan Betawi juga adalah salah satu di antara jajanan tradisional Indonesia lainnya yang masih bisa dengan mudah ditemui di sekitar kalian. Berikut list jajanan yang wajib dicicipi sebagai pengganjal perut:

1. Kerak Telor

KERAK-TELOR

Siapa yang tidak tahu makanan khas Betawi yang satu ini. Kehadirannya seakan tidak pernah terlewat saat perayaan Pekan Raya Jakarta. Makanan ini terbuat dari bahan utama yaitu telur ayam / bebek, beras ketan putih, ebi, parutan kelapa. Disertai dengan cabai merah, kencur, jahe sebagai bumbu pelengkapnya. Mengapa dinamai kerak telor? Mungkin karena rupanya yang agak sedikit gosong ini, jajanan ini sudah ada sejak masa penjajahan oleh Belanda. Jajanan pengganjal perut ini berkisar seharga Rp.10.000 – Rp. 15.000

2. Kue Mangkok

kue-mangkok

Kue yang sekilas mirip cupcake ini adalah salah satu kue basah yang populer di Indonesia. Kue ini pertama kali diperkenalkan oleh kaum imigran Tiongkok Selatan. Bahan utamanya adalah tepung beras yang dicampur sedikit tepung terigu. tape singkong dan gula. Adonan ini, setelah diberi baking powder, kemudian dikukus. Warna merah muda yang biasa terdapat pada kue mangkok ini berasal dari pewarna alami yaitu angkak (sejenis beras berwarna merah). Jajanan ini masih dengan mudah bisa kamu temui di pasar tradisional.

3. Kue Rangi

KUE-RANGI

Nah jajanan yang satu ini masih sangat mudah ditemui dan tersebar hampir di seluruh pelosok Jakarta. Kue tradisional yang merupakan perpaduan dari adonan parutan kelapa dan sagu yang dibakar ini dilengkapi dengan saus gula merah sebagai pelengkapnya. Rasa gula merahnya yang manis menjadi sebuah perpaduan yang sempurna dengan tekstur kelapa dan sagu yang legit.

4. Kue Ape

kue-ape

Kue berwarna hijau nyentrik ini adalah salah satu jajanan khas Betawi yang paling populer karena rasanya yang lezat dan crispy. Perpaduan rasa pandan pinggirannya yang renyah membuat kue Ape ini menjadi favorit. Konon, asal-usul nama kue Ape adalah berawal dari pertanyaan: “Ini kue ape, bang?” yang kemudian dijawab dengan, “Ya, kue ape”. Cerita ini pun belum seratus persen terjawab kebenarannya, namun kalau memang benar akan menjadi satu fakta yang unik dan menggelitik. Cukup membayar Rp. 500,- kamu sudah bisa menikmati satu kue ape.

5. Ketan Urab Betawi

ketan

Dari namanya saja sudah menggambarkan betapa khas ‘Betawi’-nya jajanan ringan ini. Terbuat dari beras ketan, santan kental dan taburan parutan kelapa kukus. Jajanan ini akan sangat pas jika dinikmati saat pagi hari  sebagai asupan sebelum memulai hari.

Comments

comments

Click Here to Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>