01-green-sands-escape-berbak-balai-taman-nasional-berbak-jambi

Hari kedua yang banyak menyita waktu di jalan, ternyata tidak membuat para peserta Green Sands Escape bosan. Setelah breakfast di hotel, Indri, Hamdan, dan Panji beserta KOL Gilang Bhaskara langsung menuju Balai Taman Nasional Berbak, Jambi. Di sana mereka mendapatkan cerita yang menginspirasi dari Kepala Balai Taman Nasional Berbak, Drs. Nukman tentang keberadaan Taman Nasional Berbak yang sangat berpengaruh di dunia Internasional sebagai filter karbon dunia dan pelestarian satwa langka Harimau Sumatera.

03-boat-sungai-batang-hari-jambi

02-flag-green-sands-escape

Ketiga peserta Escape dan KOL Gilang Bhaskara juga merasa bangga mengikuti kegiatan Escape ke Taman Nasional Berbak, karena bersama Green Sands mereka telah turut andil dalam membantu pembangunan rumah pohon untuk pengawasan dan pelestarian satwa langka, Harimau Sumatera.

04-gilang-bhaskara-sungai-batang-hari-jambi

Setelah berkunjung ke Balai Taman Nasional Berbak, tim Green Sands Escape beralih tranportasi menggunakan speedboat, menyusuri sungai Batang Hari menuju kawasan Taman Nasional Berbak. Perjalanan yang memakan waktu cukup lama di atas speedboat ini ternyata bagi para peserta Escape dan KOL Gilang Bhaskara tidak membuat mereka jenuh. Pertemuan singkat ini mereka bangun dengan suasana keakraban yang cair, memunculkan beragam joke-joke yang menghibur selama di atas speedboat. Terlebih saat mereka duduk di atas atap speedboat menerjang ombak Laut Cina Selatan yang memberikan sensasi seru selama perjalanan menuju Taman Nasional Berbak. Kita sempat istirahat sebentar di S. Lokan, sebuah pasar tradisional, dan melihat keasyikan anak-anak lokal setempat bermain kelereng membuat para peserta Escape ikut bergabung dalam permainan kelereng mereka.

05-sungai-lokan-jalan-pelabuhan-jambi-hamdan

06-berbak-eagle-elang-bondol

10-boat-Laut-green-sands-escape-berbak

Selama kurang-lebih 5 jam perjalanan air, akhirnya sampai juga di kawasan Taman Nasional Berbak. Kita langsung disambut hangat dengan penduduk lokal Desa Air Hitam Laut dan langsung mengantar kita ke Pos Resort Remau-Bakou Dinas Kehutanan Taman Nasional Berbak menggunakan sepeda motor. Keramahan penduduk lokal semakin membuat petualangan Escape hari kedua ini semakin berkesan. Apalagi saat disuguhi makan malam ‘mantap’ dengan menu sup kepiting yang enak serta mengisi waktu bersantai kita dengan permainan domino bersama para petugas kehutanan Taman Nasional Berbak. Dan keesokan harinya kita akan memulai petualangan sesungguhnya menjelajahi hutan rawa konservasi filter karbon terbesar di Asia Tenggara, Taman Nasional Berbak.

07-01-panji-sungai-green-sands-escape

SONY DSC

07-hamdan-gilang-bhaskara-green-sands-escape

03Green-Sands-Escape-Speedboat-Sungai-Desa-Air-Hitam-Laut-Sunset

01Green-Sands-Escape-Speedboat-Sungai-Desa-Air-Hitam-Laut-Sunset

08-sup-kepiting

Comments

comments

Click Here to Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>