Penulis : Green Sands Team

Urap

Keeksotisan Pulau Dewata, Bali tidak hanya pada panorama alam dan kearifan lokal budayanya, kuliner khas Bali pun tidak kalah eksotisnya. Dengan cita rasa bumbu rempah khas Nusantara, masakan Bali mampu mengobati rindu kita pada suasana pedesaan khas Bali. Bagi kalian yang berada di Ibukota dan merindukan nuansa Bali, berikut tiga rekomendasi tempat makan dari berbagai kalangan di Jakarta yang menyediakan kuliner khas Bali.

1. Warung Ayu Taman

Jl. Daksinapati Raya No. 10 Rawamangun-Jakarta Timur | Telp. 47866963

cropped-sate_lilit

Rumah makan yang dikelola mandiri oleh I Gusti Ayu Taman sudah berdiri sejak dua puluh tahun lalu. Terletak di dekat Pura Aditya Jaya Rawamangun, rumah makan ini selalu ramai dikunjungi baik dari orang Bali yang tinggal di Jakarta ataupun para penikmat kuliner yang merindukan masakan khas pedesaan Bali. Warung Ayu Taman menyediakan aneka kuliner khas Bali, seperti: Serombotan, Sate Lilit, Telengis, Lawar, dan Tum Babi. Harga-harga makanan di sini berkisar sekitar Rp. 8000,- dan tentunya tidak akan menguras isi kantong anda saat memuaskan hasrat kuliner kalian.

 

2. Kedai Kecak

Jl. Siaga Raya No.34 Pejaten, Jakarta Selatan

warung kecak

Pertengahan bulan Juni 2013, seorang artis cantik Indonesia, Nova Eliza mencoba merambah usaha bisnis kuliner dengan membuat restoran bernuansa Bali. Kedai Kecak ini mencoba menawarkan aneka masakan khas Bali yang terkenal dengan kayanya bumbu rempah. Untuk menjaga orisinalitas rasa masakan khas Bali, sang pemilik Kedai Kecak, Nova Eliza, mendatangkan beberapa bahan khusus dari Bali. Bahkan beberapa kokinya mendapatkan training khusus secara langsung di Bali untuk mempelajari cita rasa masakan khas Bali. Menu favorit dari Kedai Kecak ini adalah Nasi Jinggo.

 

3. Bebek Bengil

Jalan H. Agus Salim No: 132 Menteng, Jakarta 10310 Indonesia Telp: +62 21 3918016

bebek bengil

Terletak di pusat kota Jakarta tidak membuat kesan restoran Bebek Bengil kehilangan nuansa pedasaan khas Bali. Bebek Bengil menjadi obat kerinduan bagi para pecinta kuliner khas Bali yang tinggal Jakarta. Ada beberapa jenis menu makanan yang menjadi favorit di restoran Bebek Bengil ini, namun menu andalan mereka tetap menawarkan masakan khas Bali dengan cita rasa rempah yang kaya. Diantaranya seperti, bebek bengil, Daging bebek yang digoreng garing, tapi tidak berminyak disajikan dengan irisan jeruk dan semangka. Masih ditambah lagi dengan tiga mangkuk kecil berisi urap, sambal, dan sambal matah. Menu bebek bengil ini dipatok dengah harga Rp. 72.000,- per porsinya. Tidak kalah dengan menu bebek bengilnya, menu nasi campur Bali yang dihiasi daging bebek, ikan, kerupuk, bakwan, kacang goreng, satai lilit, telur rebus dengan sambal, serta urap yang tentunya dengan sambal matah khas Bali. Harga untuk satu paket nasi campur Bali ini Rp. 55.000,-. Harga tersebut belum termasuk pajak 10% dan servis 11%.

Comments

comments

Click Here to Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>